Senin, 17 September 2012

Burung Kenari | Manfaat Memandikan Burung Kenari



Mandi membuat burung Anda sehat dan bulunya dalam kondisi baik. Jika memungkinkan, sebaiknya burung mendapatkan mandi setiap hari jika cuaca dalam keadaan panas. Selama ganti bulu (molting) kita harus lebih intensif dalam memandikan burung, hal ini sangat penting karena air akan membantu melunakkan jaringan yang keras dan rapuh sehingga jaringan tersebut dapat membuka dan memudahkan proses perontokan bulu-bulu tua dan bulu-bulu baru akan mudah tumbuh kembali(disebut pinfeathers) 

Hampir semua burung termasuk kenari, menikmati mandi. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menyaksikan sekelompok burung pipit bersiap-siap untuk mandi. Pertama seekor burung akan melompat masuk ke air dan kemudian keluar lagi seolah-olah untuk menguji air. Kembali ia melompat dan membuat percikan sedikit, itu adalah sinyal bagi semua kelompok anggota mereka untuk melompat masuk dan bergabung, sayapnya dikibas-kibaskan dan kepalanya menyelam di bawah air. 

Gunakan bak/nampan air dari plastik yang dimasukkan dalam sangkar khusus untuk madi, karena biasanya burung-burung ingin mandi sendiri.

Usahakan air yang digunakan untuk memandikan burung terbebas dari klorin. Klorin di dalam air dapat membahayakan jaringan yang sensitif serta selaput di dalam kulit dan menyebabkan kerusakan kulit dan bulu di bagian luar. Air sumur dapat saja digunakan untuk mandi, tapi kadang-kadang di daerah gambut seperti di Kalimantan kandungan besi didalam air terlalu tinggi, hal ini tidak baik pula bila digunakan untuk mandi burung. 

Hindari pula memandikan burung pada air yang kotor, karena bakteri yang ada dalam air dapat menyebabkan masuk dan berkembang dalam usus burung Anda dan menyebabkan burung menjadi sakit atau bahkan mati. Jika anda tidak yakin tentang air sumur Anda, rebus selama 15 menit dan dinginkan sampai kembali ke suhu normal/kamar. Air ini kemudian dapat disimpan dalam kendi/galon plastik yang sebelumnya telah digunakan untuk menyimpan air. 

Tawarkan burung Anda mandi di pagi hari agar memungkinkan dia untuk mengeringkan tubuhnya sebelum tidur. Tidur dengan bulu basah bukan ide yang baik. Suhu air yang sama dengan suhu ruangan lebih disukai sehingga minyak pada bulu burung Anda tidak akan hilang. Jika minyak hilang, bulu-bulu tidak lagi melindungi tubuh burung terhadap perubahan suhu dan ia dapat menjadi dingin dan mudah sakit.

Jika burung Anda sehat dan dalam kondisi baik, tetapi tampaknya tidak ingin mandi, mandikan dengan cara disemprot dengan semprotan berkabut sesekali saja, ini akan membantu menjaga bulu burung anda dalam kondisi baik. Semprotkan ke atas dan melewati kepala burung Anda sehingga jatuh seperti hujan ringan.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►